JADILAH AKTIFIS DAKWAH YANG TANGGUH (By MUHAJIR M.Ag)

19 April 2008 ·

(materi kajian remaja, diringkas oleh Fatin&Aulia)

Seorang pendakwah yang tangguh bukanlah sebagai seorang da’i yang tahan akan pukulan atau banting. Adda’wah sayansi …… kegiatan itu akan ada dan akan selamanya ada. Apa itu dakwah? DA’A…YAD’U… yaitu “mengundang atau mengajak”, banyak ulama yang menganjurkan kegiatan yang baik ini (jumhur ‘ulama) dan istilah dakwah hanya dipakai sebagai untuk mengajak kebaikan.

Dakwah dibagi menjadi :
1. Dakwah bil maqal
2. Dakwah bil hal

Dakwah dengan tindakan lebih efektif dari dakwah yang lainnya. Misalnya banyak suatu kegiatan social yang dibungkus dengan kegiatan dakwah. Misalnya shalat jamaah adalah sebagai salah satu dari bentuk lain dakwah yang sangat jelas dan mempunyai nilai

Bagimana seorang pendakwah yang tangguh?

1. keahlian yang nyata (hard skill)
Bahasa sangat penting untuk bisa menyampaikan informasi yang akan disampaikan satu sama lain antara pendakwah dengan yang diajak dakwah. Yaitu dengan banyaknya kita mengetahui banyak bahasa merupakan salah satu srana yang utama melakukan dakwah itu sendiri. Likulli maqamul maql.. setiap tempat mempunyai bahasa. Misalnya bahasa Indonesia saja sudah mencakup banyak suku dan bahasa daerah yang berbeda-beda.

2. keahlian yang halus atau kecil (soft skill). Setiap orang harus mempunyai:
a. ethic..istiqomah..ittiqodulil hallul wal qoul..
b. bi’aini rahmah memandang dengan kasih saying. Ketika ada banyak orang yang kekurangan secara materi atau pun non materi hendaknya kita saling melengkapi dan menolong.
c. mempunyai kemampuan komunikasi yang bagus dan baik sebagai sarana penyaluran
d. leadership skill; jiwa kepemimpinan itu akan tumbuh dengan adanya keorganisasian yang digeluti dan diikuti, sebagai serana pengembangan diri dan potensi yang dimiliki setiap manusia.
e. logic;
f. keterampilan kerjasama atau team work;
g. mempunyai rasa optimisme. Berfikir optimisme terhadap tingkah laku yang hendak dia lakukan baik personal maupun orgnaisasional.
Seorang da’I harus mempunyai sifat yang kreatif dan inofatif. Misalnya dalam pengemasan waktu dan tempat serta aktualisasinya. Seorang da’I juga harus mempunyai semangat yang lebih, wafauqo kullu dzilli allif ……

Manajemen perlu dan sangat dipentingkan untuk diterapkan dalam kegiatan berdakwah. Banyak kegiatan yang dapat kita kerjakan dalam waktu 24 jam. Baik hal yang dipandang berguna untuk msyarakat maupun tidak.

Contoh kecil saja kita melihat kegiatan selama di jogja.
• Visi sebagai tujuan dakwah
• Aksi suatu tindakan real dalam mewujudkan tujuan yang telah direncanakan dan
• Gairah suatu motivation atau ghiroh… dan tanpa adanya gairah seperti orang yang melamun.

Sekretariat MNH

Sekretariat: Ambarukmo Blok III RT 10/04 Catur Tunggal Depok Sleman Yogyakarta 55281'; contact: elnudha@yahoo.com

Motto Crew MNH

Hanyalah yg memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yg beriman kepada Allah dan hari kemudian.....maka merekalah orang-orang yg diharapkan termasuk golongan orang-orang yg mendapat petunjuk (at-Taubah 18)

MNH Sekarang

MNH Sekarang

MNH Tempo Doeloe

MNH Tempo Doeloe

Buku Tamu